Game Changers

Assalamualaikum Wr Wb.
Apa kabar teman-teman santri MAHK? Sekarang ustad ingin cerita sedikit profil peran lulusan dari jurusan/prodi kuliah elektro, yang ustad sebut sebagai game changers, bukan berarti prodi untuk main game atau bikin aplikasi game ya, tapi lulusan prodi teknik elektro ini ternyata bisa sangat berperan dalam mengubah peta politik kawasan bahkan dunia.

Ada sebuah film documenter yang sangat menarik, tentang proses tim tekno baykar Turki dalam pembuatan drone tempur generasi 2 : “akinci”. Terlihat anggota tim rata-rata berumur 30an tahun, masih sangat muda, terlihat semangat, kerja keras, kerja tim dalam menghasilkan produk drone kebanggaan mereka.

https://www.youtube.com/watch?v=UEec_EbJgfU

Tim hebat tersebut di pimpin oleh Selcuk Bayraktar, pemuda Turki lulusan Teknik Elektro (yang kemudian juga menjadi menantu Erdogan), yang sbelumnya juga berhasil memproduksi drone TB-2 dan Anka-1 yang berhasil berperan besar dalam membantu angkatan militer Turki.
Beberapa peran drone Turki TB-2 :

  1. Membantu warga Muslim suni dan mujahidin Suriah menahan serangan brutal rezim syiah suriah yang mau mengusir mereka pada daerah terakhir warga suriah Suni, kota Idlib. Dengan drone Turki, warga Suni terhindar dari pembantaian besar di wilayah terakhir mereka tersebut
  2. Membantu pemerintah resmi Libya dalam melawan pemberontak Haftar. Walaupun pihak pemberontak di bantu Negara Perancis dan Rusia, tapi dengan kemampuan teknologi Drone Turki, pemerintah Libya berhasil melumpuhkan pemberontakan.
  3. Membantu pemerintah Azerbaijan merebut kembali tanah air mereka yang telah di jajah Armenia selama 30an tahun. Walaupun Armenia di bantu oleh Rusia, lagi-lagi dengan peran teknologi Drone Turki, kemenangan akhirnya di raih Azerbaijan dan tanah air mereka bisa di rebut kembali

Analis militer US menyebutkan drone Turki hasil produksi para teknokrat muda Turki tersebut berhasil menjadi Game Changer dunia saat ini. Maka betul yang di katakan oleh Syeikh Naquib Al Attas peradaban dan kebangkitan Umat Islam akan hadir kembali dengan adab dan budaya Ilmu. Kedigdayaan Turki saat ini merupakan hasil dari budaya llmu yang jalankan dengan baik oleh generasi-generasi mudanya.

Ustad pun sangat berharap dan berdoa, semoga dari alumni HK ini akan muncul teknokrat-teknokrat muda yang akan berperan dalam bangkitnya kemajuan Indonesia dan Umat Islam ini. Ustad bayangkan di kemudian hari, alumni HK akan muncul berperan dalam sebuah tim teknologi tepat guna memajukan petani nelayan Indonesia, tim teknologi alutsista Indonesia dan lain lain.

Aamiin ya Rabb…